Wisata Belanja di Pasar Beringharjo Yogyakarta

Daerah Istimea Yogyakarta atau DIY merupakan salah satu kota yang sarat akan sejarah di Indonesia. Tak hanya itu sekarang Jogjakarta telah berkembang dengan banyak memiliki tempat wisata sehingga banyak orang yang menawarkan Paket Wisata Yogyakarta. Layaknya Paris di Prancis di Jogjakarta juga terdapat beberapa tempat yang sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki hobi belanja.

pasar-beringinharjoSelain Malioboro terdapat tempat berbelanja yang tak kalah keren yaitu Wisata Belanja di Pasar Beringharjo Yogyakarta yang biasanya dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan dalam Paket Tour Jogja. Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua yang menawarkan berbagai jenis barang kebutuhan anda, bahkan pasar ini disebut Pasar Tradisional yang paling indah yang terdapat di Pulau Jawa. Jika terdapat pernyataan seperti ini jadi bisa dianggap bahwa pasar ini memiliki penataan dan sistem yang tersusun rapi

Sejarah Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan pasar yang memiliki keterkaitan yang erat dengan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Makna yang dimiliki Pasar Beringharjo sendiri adalah Pohon Beringin yang diharap bisa memberi kesejahteraan. Hal ini dikarenakan pada dulunya tempat ini adalah Pohon Beringin dan setelah berdirinya Kraton Kesultanan Jogjakarta tempat ini dijadikan seperti pasar pada tahun hingga 1758.

Akhirnya pada tahun 1925 Sultan Hamengku Buwono ke VIII meresmikan psar ini dan memberikan nama Beringharjo kepada pasar ini. Jika dilihat dari struktur bangunan di pasar ini terlihat memliki 2 ciri yaitu arsitektur Jawa dan arsitektur Kolonial, hal ini dikarenakan pada awal pembangunan Kraton Kesultanan Yogyakarta mempercayakan proses pembangunan kepada Perusahaan milik Kolonial Belanda yang sampai saat ini masih dapat dilihat beberapa arsitektur peninggalan pada masa itu dan kinidijadikan sebagai salah satu Paket Wisata Jogja.

Bangunannya terdiri atas 2 bagian utama yaitu bagian barat yang berlantai 2 dan bagian timur yang berlantai 3 dan pintu masuk pasar terdapat di bagian barat dengan lebar jalan kurang lebih 2 meter selain itu juga terdapat beberapa pintu masuk yang lebih kecil.

Barang-barang yang tersedia dalam Wisata Belanja Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar Beringharjo yang berada di ujung selatan Jl. Malioboro dan Jl. A Yani ini menjual berbagai barang yang anda inginkan mulai dari yang murah hingga yang mahal, dari yang tradisional sampai yang modern bahkan mulai dari yang hanya ribuan hingga jutaan bisa anda dapatkan di Pasar ini dengan harga yang masih bisa ditawar

Di bangunan bagian barat terdapat berbagai jajanan tradisional dari kue basah hingga kue kering. Berikut beberapa jajanan khas Jogjakarta yang perlu anda coba seperti: Legomoro yaitu berass ketan yang diisi daging cacah (seperti lumpia), mendhut dan mega mendung yaitu ketan yang dibentuk bulat berwarna hijau, merah atau putih dan ditambah kuah santan , pecel urap, kue kipo dan masih banyak yang lainnya. Untuk barang antik terdapat di bangunan pasar bagian timur di lantai 3. Bahan rempah-rempah juga terdapat di pasar ini dengan lengkap yang berada di pasar sebelah timur tepatnya di lantai 2. Untuk bahan batik terdapat di pasar bagian barat.

Untuk bagian dalam pasar mulai dibuka pukul 05.00 pagi dan akan tutup jam 05.00 sore namun setelah itu berbagai kuliner akan mulai membuka kedainya di depan pasar hingga tengah malam bahkan hingga pagi. Oleh karena itu wisata belanja di Pasar Beringharjo di Yogyakarta tak akan ada matinya. Sehingga Pasar Beringharjo sering sekali dijadikan sebagai salah satu tujuan dalam Paket Wisata Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *