Tips Mudik Pakai Motor Ala Vincent Setiadi : Cek 6 Bagian Motor ini

Lebaran dipastikan akan segera datang dalam beberapa hari lagi. Jalan-jalan tol pun sudah dipadati oleh ribuan kendaraan roda empat dan roda dua yang ingin pulang kampun alias mudik. Sehubungan dengan anda yang memutuskan untuk mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua alias motor, dalam kesempatan kali ini, anda perlu menyimak tips dari Vincent Setiadi berikut ini.

MudikAdapun tips mudik untuk anda yang mengenakan motor ala Vincent Setiadi ini sepertinya harus anda perhatikan. Dimana anda diharuskan untuk melakukan pengecekan kondisi kendaraan motor anda yang akan anda bawa pulang ke kampung halaman. Apa saja yang harus anda cek? Berikut 6 bagian motor yang harus anda cek menurut Vincent Setiadi agar mudik anda lancar dan aman selamat sampai kampung halaman.

Tekanan angin dan alur band. Anda yang ingin mudik dengan menggunakan motor terlebih dahulu harus mengecek terlebih dahulu tekanan angin ban anda. Dimana ideal dari tekanan angin ban adalah 29 psi untuk bagian ban depan dan  33 psi untuk ban belakangnya. Kemudian pastikan alur ban yang anda gunakan masih dalam keadaan yang baik. Karena dua hal tersebut adalah faktor penentu kenyamanan anda dalam berkendara.

Ganti atau bersihkan busi. Jika busi yang anda gunakan telah lama akan lebih baik untuk menggunakan busi yang baru untuk keperluan mudik ini. 8.000 kilometer adalah batas pemakaian busi yang ideal. Selain itu anda wajib membawa busi cadangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu anda juga harus mengecek penutup busi, jika memang terjadi kerusakan maka akan lebih baik untuk menggantinya karena hal tersebut mempengaruhi aliran listrik dari ignition coil ke busi.

Sistem penggerak. Dalam hal ini, anda dipastikan harus mengecek kondisi rantai dan juga drive belt. Untuk anda yang menggunakan motor dengan persneling manual tentu anda harus mengecek bagian rantainya, amati keausan dan juga pastikan bagian rantai menancap kuat pada gear motor anda. Adapun untuk pengguna motor matik perlu diketahui bahwa drive belt sudah harus diganti jika sudah digunakan dalam 24.000 kilometer.

Rem. Handel, pedal dan juga rem karetnya perlu anda perhatikan sebelum memastikan motor tersebut aman untuk anda pakai mudik. Kemudian juga pastikan fungsinya berjalan dengan baik. Baik itu untuk fungsi mekanik maupun hindroliknya. Jika tidak memungkinkan segera ganti minyak rem serta kampas remnya.

Kapasitas oli mesin. Ini adalah bagian yang wajib di cek sebelum motor siap digunakan untuk mudik. Pastikan kapasitasnya baik dan jika tidak, lakukan penggantian. Selanjutnya pilih oli berkualitas. Pasalnya motor akan bekerja keras dalam waktu yang lama ditambah dengan kemacetan yang pastinya akan menguras tenaga mesin.

Lampu. Pastikan sistem lampu berfungsi dengan baik. Pasalnya ini akan berpengaruh pada keselamatan anda dalam melaju di jalan tol dan juga menyalip kendaraan lain nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *