Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet Saat Digunakan

Ingin membeli mesin pencetak? Untuk mendukung segala kegiatan perkantoran dan perkuliahan tentu saja alat yang berfungsi sebagai mesin pencetak ini menjadi perlengkapan kantor yang tergolong penting. Dengan alat tentu saja dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan misalnya saja scan, menggandakan dokumen, mencetak dokumen dan masih banyak lainnya. Untuk mendapatkannya tersedia berbagai merek dan harga namun yang paling rendah adalah kurang lebih empat ratus ribu. Namun disarankan bagi Anda yang masih kuliah atau menggunakan alat ini secara perseorangan. Mulailah memilih jenis mesin ini berkualitas bagus dengan fungsi sesuai kebutuhan. Langkah terakhirnya pilih berdasarkan pengetahuan mengenai tips merawat printer agar lebih awet saat digunakan.

PrinterCara merawat printer agar lebih awet saat digunakan yaitu:

  • Menggunakannya dalam waktu yang sering

Disarankan apabila Anda memiliki mesin printer usahakan mulailah menggunakannya dalam waktu yang sering. Dengan menggunakannya sesering mungkin akan membantu dalam menjaga agar tinta yang dimiliki tidak mudah kering. Perlu Anda ketahui apabila tinta pada mesin cetak ini kering tentu saja akan menyumbat jalannya proses mencetak kertas tersebut. Usahakan untuk membantu dalam melancarkan keluarnya tinta mulailah dengan menggunakan Clean Head. Dengan menggunakan fitur ini akan membantu dalam memaksimalkan tinta yang keluar menjadi semakin lancar.

  • Menjaga kebersihan

Saat menggunakan alat pencetak ini hendaknya mulailah dengan rutin untuk menjaga kebersihannya. Jangan sampai benda asing masuk ke dalam mesin atau pun bagian cartridge. Hal ini karena dapat memberikan dampak penyumbatan pada mesin ini. Apabila mesin menjadi macet tentu saja membuatnya mudah rusak dan tidak awet. Untuk itu maksimalkan penggunaannya dengan senantiasa membersihkan mesin ini.

  • Matikan printer

Untuk menjaga mesin ini agar dapat berjalan dengan maksimal sebagai mana mestinya. Usahakan apabila selesai menggunakannya matikan printer pada bagian tombol on dan off. Hal ini dilakukan agar menjaga kepala alat ini berada dalam posisi semula. Tentu dengan tips merawat printer seperti ini akan memberikan hasil yang maksimal saat menggunakannya. Hindari untuk mematikan printer dengan cara mencabut dari stop kontak. Hal ini karena akan menjadikan printer mudah rusak.

  • Pastikan kertas dalam kondisi baik

Usahakan apabila Anda ingin menggunakan alat ini mulailah dengan memperhatikan terlebih dahulu apakah kertas sudah terpasang rapi. Dengan mengeceknya terlebih dahulu akan membuat kinerja mesin ini menjadi lebih awet. Siapkan kertas yang tidak terlalu tipis atau pun tebal. Usahakan pemilihan kertas sesuai dengan ketentuan yang diberikan dan dalam kondisi baru. Jangan sampai lecek agar hasil yang diberikan menjadi lebih optimal.

  • Isi sebelum tinta habis

Selain kertas yang harus dicek perlengkapan lainnya adalah tinta. Usahakan jangan menggunakan alat ini untuk mencetak apabila tinta yang ada didalamnya habis. Jika Anda tetap memaksakan tentu saja akan mengakibatkan penyumbatan pada aliran tinta cartridge. Selain itu apabila Anda memaksakan menggunakannya sedangkan tinta habis hanya akan membuat umur alat ini tidak akan lama.

  • Hindari penggunaan yang berlebihan

Apabila Anda ingin menggunakan mesin pencetak ini. Tentu harus mengetahui mengenai tips merawat printer yang benar. Perawatan hendaknya dilakukan mulai saat menggunakannya. Disarankan untuk tidak menggunakan mesin ini dengan cara yang berlebihan. Mulailah menggunakan dengan tidak berlebihan dan apabila sudah terasa panas dalam mesinnya. Istirahatkan antara tiga puluh menit hingga satu jam. Cara ini dilakukan untuk memperpanjang usia mesin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *