Mobil Pick-up Esemka Kemungkinan Dijual Kurang dari Rp 100 Juta

Produsen mobil Indonesia beberapa waktu lalu merilis sebuah pengumuman mengenai akan mereka yang akan merilis sebuah mobil pick-up. Mobil niaga. Kabarnya mobil ini sendiri sedang dalam masa uji coba yang dilaksanakan di Italia. PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) selaku produsen mobil menyakini jika mobil pick up yang mereka buat tersebut nantinya akan dibanderol dengan harga yang terjangkau alias murah. Bahkan diungkapkan oleh managing director PT. ACEH bahwa nantinya mobil niaga yang bisa digunakan sebagai mobil angkutan barang ini akan dijual dengan angak dibawah Rp. 100 juta.

Mobil Pick Up EsemkaSementara itu untuk kapasitas mesinnya, Mobil Pick Up Esemka ini sendiri dibuat dengan berbagai varian mesin, dari mulai 1500 cc dan juga yang di atas 1500 cc. Adapun untuk mobil yang menggunakan spesifikasi mesin di atas 1500 cc hanya diimpor dari Thailand untuk sementara ini.

“Pokoknya kompetitif, bahkan pikap yang kelas kecil 1.500 cc yang ada saat ini hampir semua harganya Rp 130 jutaan. Sementara yang di atas 1.500 cc semua impor dari Thailand jadi otomatis ya sangat besar peluang kami untuk jauh lebih baik harganya,” kata Hosea, seperti dikutip dari laman Okezone.

PT ACEH saat ini tengah berfokus pada strategi pemasaran agar mobil buatan mereka tersebut dapat bersaing di pasar mobil nasional. Dimana ssalah strategi yang akan mereka terapkan adalah memangkas jalur distribusi. PT ACEH akan menetapkan untuk menjual mobil produksi mereka dengan menggunakan tidak banyak jaringan, main dealer, dan sebagainya. Menurut pihaknya penjualan hanya akan dilaksanakan langsung oleh pihak PT ACEH saja atau perusahaan. Dengan demikian harganya akan jadi lebih murah karena tanpa biaya distribusi.

“Salah satu membuat harga bersaing, jalur distribusi akan kami perpendek. Misalkan dari Esemka bisa langsung menjual tanpa harus melangkah ke banyak jaringan, main dealer, diler dan lain-lain. Jadi harga dan kualitas itu menjadi pedoman buat Esemka bersaing dan memberi nilai tambah,” ujarnya.

Untuk tahap awal, Mobil Pick Up Esemka ini akan diproduksi di tahap awal dengan menggunakan mesin berukuran 1000 cc. Dimana pihak Esemka sendiri memprioritaskan untuk membuat mobil pick up niaga saja karena prioritas mereka hanya untuk angkutan di pedesaan saja. Dan hingga saat ini, mobil ini masih dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *