Lebih Dekat Mengenal Ilmu Kedokteran Urologi

Dokter Urologi memang sangat jarang sekali ada dan diketahui di Indonesia apalagi istilah dasarnya yakni Urologi yang memang sangat asing di telinga masyarakat Indonesia. Tidak hanya bagi masyarakat umum, ternyata istilah Urologi sendiri juga sangat asing bagi beberapa petugas kesehatan yang bekerja di Indonesia.

urologiPerlu untuk diketahui bahwa Urologi sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah cabang ilmu kedokteran yang mendalami dan mempelajari masalah kelainan yang terdapat pada saluran kemih baik itu pria maupun wanita. Termasuk pula di dalamnya adalah mengenai sistem reproduksi bagi pria.

Meski memang tidak dikenal dengan jelas di masyarakat, namun ternyata pelajaran mengenai ilmu Urologi sendiri ternyata sudah menjadi bagian dari pendidikan kesehatan dalam sejarah peradaban manusia. Adapun beberapa kasus Urologi yang umumnya ditangani oleh para dokter Urologi sendiri sebenarnya adalah kasus yang umum terjadi di masyarakat. Sebut saja diantaranya adalah seperti batu ginjal, infeksi, tumor, atau juga pembesaran prostat.

Beberapa kasus yang disebutkan di atas biasanya diatasi oleh para dokter spesialist Urologi dengan melakukan berbagai tindakan mulai dari analisa yang dilakukan terhadap penyakit dan gejalanya. Kemudian juga bisa jadi melalui terapi dengan menggunakan obat-obatan yang dikhususkan untuk masalah Urologi tersebut dan juga bisa jadi dengan cara pembedahan.

Tentunya anda akan merasa terkejut ketika mendengar kata bedah? Pasalnya tindakan dokter untuk hal ini terkesan sangat menakutkan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman saat ini banyak tindakan pembedahan yang dilakukan oleh dokter spesialist Urologi biasanya menggunakan teknik bedah endoskopik.

Pembedahan endoskopik sendiri dimaksudkan adalah teknik bedah yang pada dasarnya hanya menggunakan sayatan kecil atau justru tanpa sayatan sekalipun. Dengan melakukan operasi endoskopik sendiri memang untuk resiko kesalahan dan fatalnya akibat dari operasi bisa diminamilisir. Meski demikian, hasil yang didapatkan pun akan jadi lebih optimal. Selain itu, teknik operasi yang satu ini juga akan membuat pasein yang melakukan operasi jadi lebih cepat sembuh dari luka habis operasi dan akan lebih cepat bisa beraktivitas seperti biasanya.

Ambil saja contohnya untuk masalah prostat yang membesar, pada zaman dahulu umumnya para dokter akan menggunakan pisau bedah untuk melakukan penyayatan di dinding perut. Namun sekarang hal ini sudah jarang sekali dilakukan karena sudah ada teknik bedan endiskopik.

Demikian beberapa hal yang dapat membuat kita lebih mengenal mengenai istilah Urologi dan berbagai hal yang berkaitan dengannya. Mudahan dapat menambah ilmu kita bersama. amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *