Juragan Yoghurt Muslim Ini Bagi-Bagi Saham Buat Karyawan, Nilainya Wow Banget!

Hamdi Ulukaya seorang CEO dari perusahaan Yougurt dengan merek Chobani yang memasarkan produknya di Amerika Serikat belakangan membuat heboh dengan memberikan sahamnya secara gratis kepada sekitar 2000 karyawan yang menjadi pekerja tetap di pabrik Yougurtnya tersebut. Tentunya hal ini jelas membuat banyak karyawannya merasa sangat bahagia.

UlukayaHamdi Ulukaya yang merupakan seorang pengusaha beragama Islam ini memberikan secara gratis sebanyak 10 persen saham dari perusahaannya kepada seluruh karyawannya yang ada di berbagai tingkat jabatannya. Adapun pembagiannya sendiri berdasarkan pada lamanya karyawan tersebut bekerja di perusahaan yang dipimpinnya. Menariknya, Hamdi Ulukaya sendiri memberikannya tanpa adanya syarat yang diberlakukan pada para karyawannya. Dimana secara bebas karyawannya bisa menjual saham tersebut jika memang saham perusahaannya tersebut sudah sampai listing di bursa saham.

Ulukaya sendiri melakukan hal ini sebagai bentuk dari perbuatan balas budinya atas orang-orang yang selama ini membantunya tanpa memandang statusnya yang hanya seorang imigran di Amerika Serikat. Lebih dari itu, dirinya dikenal sebagai orang yang sangat menghormati para karyawannya. Menurutnya tanpa adanya kerjasama dari para karyawannya tersebut tentu tak akan mungkin dirinya bisa melakukan semuanya sendirian. Dengan memiliki saham dari perusahaannya tersebut, Ulukaya pun berharap agar para karyawannya mampu bekerja dengan lebih giat lagi agar karena memang perusahaan tersebut juga milik mereka.

“Pemberian saham ini bukan hadiah melainkan ikrar bersama. Dengan demikian, karyawan akan membangun perusahaan ini sekaligus masa depan mereka,” katanya seperti dikutip dari laman Merdeka.

Lekaki berusia sekitar 46 tahun yang berdarah Kurdi tersebut ternyata datang ke AS tanpa membawa harta sama sekali. Dengan hal ini, dirinya pun mencoba berbagai usaha hingga akhirnya dirinya berhasil mengumpulkan dana untuk mendapatkan kredit lunak yang didapatkan pada tahun 2005 yang lalu. Dengan modal kredit tersebut, dirinya pun kemudian memproduksi Yougurt yang diberikan citarasa khas Yunani. Dari sinilah usahanya kian berkembang hingga akhirnya dirinya berhasil membeli sebuah pabrik yang ada di Kota Edmeston hanya dalam jangka waktu dua tahun kemudian.

Saat ini sendiri Aset Chobani sudah mencapai angka 3 milliar dollar AS. Dengan hal ini, jika nantinya saham perusahaan tersebut listing di Bursa Saham maka karyawan senior akan berhak mendapatkan kekayaan sebesar Rp 13 miliar. Adapun untuk para karyawan junior akan mendapatkan harta sebesar Rp 1,9 miliar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *