Inilah Berbagai Cara Stimulasi untuk Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan salah satu hal yang tentunya harus ibu perhatikan. Dimana dengan mengetahui akan hal ini, anda akan dapat lebih mudah dalam memahami keinginan dari bayi anda. Pada dasarnya memang, bayi tidak bisa berbicara dan memberi tahu ibunya mengenai apa yang dia butuhkan dan inginkan. Oleh sebab itu, para ibu wajib mengetahuinya dari memperhatikan pertumbuhan dan juga perkembangan si bayi tersebut.

pertumbuhan-bayiPerkembangan dan pertumbuhan bayi itu sendiri ternyata bisa distimulasi atau dirangsang agar bisa jadi lebih maksimal. Namun, kebanyakan orang gagal faham akan hal ini. Banyak dari para orang tua berfikir bahwa menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi, hanya dapat dilakukan melalui pemenuhan nutrisi saja. Padahal jika anda berfikir untuk menumbuhkan kecerdasan pada bayi, dapat pula anda lakukan melalui gerakan.

Selain itu, berikut adalah berbagai cara stimulasi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda :

  1. Untuk menstimulasi sistem syaraf bayi, hal yang bisa dilakukan oleh para ibu adalah dengan memijat bayi anda. Tentunya karena yang dipijat adalah tubuh bayi, maka anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memijatnya. Cukup dalam beberapa pijatan di berbagai bagian pentingnya saja, dan hanya dalam beberapa menit. Hal ini selain akan merangsang syarafnya juga dapat menambah erat hubungan antara bayi dan si ibu.
  2. Stimulasi Vestibular. Hal ini dapat anda lakukan pada saat si bayi sedang mandi. Vestibular atau keseimbngan telah disebutkan oleh para neurosains bahwa kegiatan ini dapat menumbuhkan perasaan dari si bayi. Karena menurut mereka, para bayi tetap harus merasakan ayunan air ketika mereka sedang berada dalam kandungan ibu sebelumnya.
  3. Stimulasi pembuluh darah juga sangat baik untuk dilakukan pada bayi. Pada dasarnya mereka tentunya mengalami perubahan suhu ketika berada di luar rahim dan di dalam rahim sang ibu. Dalam hal ini sentuhan anda setelah si bayi mandi di bagian dada dan perut sangat baik gunanya, selain untuk sistem pembuluh darah juga untuk menciptakan daya tahan atau metabolisme tubuh sang bayi.
  4. Stimulasi olfaktori yaitu dengan memberikan aroma harum pada tubuh si bayi, sehingga indra penciumannya akan membawa hal tersebut ke otaknya, dan membuat otaknya bekerja. Selain itu, hal ini juga sangat baik untuk menstimulasi keseimbangannya.
  5. Stimulasi Finger Food, gunanya adalah untuk melatih jarinya yang bisa dilakukan saat makan. Berikan biskuit yang mudah untuk digenggam utnuk dimakannya. Hal ini baik untuk merangsang saraf motorik halus yang ada padanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *