Ini Alasan Buruknya Berlebihan Menonton Televisi

Kecanduan menonton televisi dalam menonton televisi merupakan hal yang tidak baik dan tidak dianjurkan. Hal ini karena memang memiliki kecanduan untuk menonton televisi dapat membuat orang tersebut melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Sebut saja seperti yang diberikan faktanya dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Otonom Madrid. Dimana menurut penelitian tersebut dikatakan kalau kebiasaan candu terhadap tontonan televisi dapat memicu timbulnya obesitas.

Nonton TelevisiMeski memang tidak secara langsung berkaitan, namun terlalu bermanja-manja di depan televisi dapat membuat anda juga lupa mengontrol pola makan anda. Dari survey yang dilakukan kepada sekitar 1.600 orang dimana survey tersebut dilakukan pada orang-orang yang usianya antara 18-60 tahun. Dari pengakuan semua orang yang disurvey tersebut mengaku kalau mereka menonton televisi secara berlebihan minimal dua kali dalam seminggu. Dan ternyata kesemua yang disurvey tersebut memiliki berat badan yang berlebih. Pengamatan ini sendiri dilakukan mereka dalam waktu 3 tahun.

Disebutkan oleh Lauren Blake dari Ohio State university bahwa kebanyakan orang mengkonsumsi makanan sembari menonton televisi membuat daya sadarnya serta sistem pengendalian dirinya bisa turun. Dimana mereka lebih memperhatikan tontonan yang mereka lihat di televisi ketimbang mengontrol berapa jumlah makanan yang dikonsumsinya saat yang bersamaan. Bahkan mereka juga lupa apakah mereka sudah merasa kenyang atau belum. Hal inilah yang jika dibiarkan berlarut-larut akan membuat berat badan mereka menjadi bertambah.

Dalam studi lainnya yang dimuat dalam Journal Appetite pada tahun 2015 yang lalu. Dimana ketika orang menonton televisi atau menggunakan smartphone sambil mengkonsumsi makanan dapat membuat mereka akan meminta makanan ringan jika memang makanan utama mereka telah habis. Dalam hal ini, kesimpulannya tentu adalah jangan membarengi kegiatan makan dengan kegiatan apapun, karena akan membuat pola makan anda menjadi berlebihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *