Hasil Liga Europa 2016: Shakhtar Donetsk vs Sevilla 2-2, Selamat Via Penalti

Hasil Liga Europa 2016 yang memeprtemuakn Shakhtar Donetsk vs Sevilla berakhir dengan skor imbang 2-2. Sevilla sendiri sempat tertinggal lebih dulu dengan dua gol dari Marlos dan Taras Stepanenko, namun kemudian tim tamu mampu mengejar ketertinggalan lewat dua gol yang dicatatkan oleh Kevin Gameiro dan Vitolo. Dengan hasil ini, Sevilla yang berstatus sebagai juara bertahan bisa jadi akan mengamankan tiket final di leg kedua yang akan dilangsungkan di kandang mereka.

Shakhtar Donetsk vs SevillaLviv Arena, Jumat 29 April 2016 menjadi saksi dimana Shakhtar Donetsk menyambut tamu mereka dari Spanyol dengan hasil imbang 2-2. Tampil dengan skuad terbaik mereka dengan menggunakan formasi 4-2-3-1. Formasi yag diterapkan oleh Mircea Lucescu ini cukup berhasil karena sempat membawa timnya unggul. Hanya saja pasukan Unay Emery yang kembali di rotasi kecuali trio sektor gelandang serang mereka Vitolo-Ever Banega-Yevhen Konoplyanka yang ditempatkan di belakang Kevin Gameiro.

Taktik dari Unay Emery bisa dibilang sangat jitu, setidaknya hal ini terbukti pada menit ke 6 tim tamu berhasil unggul lebih dulu. Umpan dari Banega kepada Gamiero diteruskan kepada Vitolo yang kemudian beraksi melesat dengan cepat dan mengelabui satu pemain belakang hingga akhirnya melepaskan tendangan dengan tenang yang melewati sela kaki kiper Andriy Pyatov. Bola pun masuk hingga merubah kedudukan menjadi 0-1.

Tuan rumah yang tersengat lebih awal mencoba bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke 23. Yaroslav Rakitskiy yang merupakan bek tengah kemudian memberikan umpan kepada Marlos. Marlos kemudian beraksi mengelabui Sergio Escudero yang kemudian dengan mudah menendang bola ke arah sudut bawah kiper  David Soria. Kiper muda tim tamu pun tak mampu menjangkaunya hingga skor pun jadi imbang 1-1.

Sevilla seperti terguncang dengan gol Marlos tersebut. Alhasil 10 menit berselang, Marlos kembali berjasa bagi timnya dengan umpan yang diberikannya kepada Taras Stepanenko yang kemudian menghantarkan bola ke gawang Soria. Alhasil, Shakhtar Donetsk berbalik unggul atas tim tamu. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Beruntung di babak kedua, Sevilla mendapatkan hadiah penalti setelah winger mereka Vitolo diganjal oleh Facundo Ferreyra. Pelanggaran ini terjadi pada menit ke 81, dan disinilah Gamiero kemudian beraksi sebagai eksekutor yang lantas menunaikan tugasnya dan menghantarkan Sevilla mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Jual beli serangan terus berlanjut, hanya saja hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit, tak ada lagi gol yang tercipta. Alhasil, Shakhtar Donetsk vs Sevilla pun mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2. Hasil ini sepertinya lebih menguntungkan bagi Sevilla yang akan menggelar leg kedua di kandang mereka sendiri.

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Pyatov; Srna, Kucher, Rakitskiy, Ismaily; Malyshev, Stepanenko; Marlos (Bernard 90+2), Kovalenko, Taison (Wellington 90+1); Ferreyra (Eduardo 90+1)

Sevilla (4-2-3-1): Soria; Mariano, Rami, Carrico, Escudero; N’Zonzi, Krychowiak; Vitolo, Banega, Konoplyanka (Krohn-Dehli 59, Coke 72); Gameiro.

Gol: Marlos 23′, Taras Stepanenko 35’/ Vitolo 6′, Kevin Gameiro 82′ pen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *