Air Terjun Sri Gethuk, Kesegarannya Tak Tertandingi!

Air terjun Sri Gethuk, sebuah tempat wisata alam dengan kesegaran yang akan membuat pikiran Anda fresh. Belum lagi menikmati pemandangan hijau nan asri, anggap saja itu sebagai bonus. Air terjun ini berlokasi di Jogja. Bahkan pernah ada kabar yang beredar mengatakan jika air terjun ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting salah satu film Hollywood.

SONY DSC
SONY DSC

Obyek wisata ini biasanya ditawarkan dalam paket tour Jogja bersama dengan cave tubing di goa Pindul dan pantai-pantai di Gunung Kidul.

Lokasi air terjun

Lokasinya ada di Dusun Menggoran, di desa Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul. Di tepi sungai oyo, itulah lokasi air terjun yang indah ini. apabila Anda hendak mengunjungi air terjun ini, aksesnya tidak terlalu susah. Bahkan jika berangkat dari kota Yogyakarta, waktu yang dibutuhkan hanya 1,5 jam.

Dari pusat kota Yogyakarta, Anda menuju Jl. Wonosari, naik di bukit patuk dan lihat-lihat pemandangan kota Jogja dari kejauhan. Sesudah Anda sampai pertigaan Gading playen, beloklah menuju pasar playen. Lalu belok lagi ke arah kanan dari pasar playen tersebut. Setelahnya Anda akan dengan mudah menemukan papan penunjuk jalan menuju air terjun ini. Tetapi Anda harus bersabar karena jalannya masih belum begitu bagus.

Cara mencapai air terjun Sri Gethuk

Namun Anda jangan senang dulu, sebab sesudah tiba di desa playen, untuk menuju air terjun masih ada yang harus Anda lalui. Anda bisa memilih 2 cara.

Cara pertama

Sesudah tiba di parkiran, Anda dapat berjalan ke lokasi air terjun dengan melewati sungai-sungai kecil serta pematang sawah. Sesudah melewati itu semua, lanjutkan lagi melewati anak tangga yang sudah disediakan, anak tangganya sudah disemen jadi untuk melaluinya tidak akan terlalu sulit kecuali sedang hujan, hanya ada beberapa anak tangga yang masih berupa batu dan tanah. Sesudah berhasil melalui itu, Anda sudah tiba di air terjun.

Cara kedua

Yang kedua ini merupakan cara yang berbeda dan sedikit unik, juga cocok untuk Anda yang malas berjalan kaki. Anda dapat menaiki perahu, dengan membayar ongkos sebesar Rp 5.000,00 untuk satu orangnya. Nantinya perahu akan melewati sungai oyo. Anda bisa melihat pemandangan di sekitar sungai, tebing batu, serta air terjun kecil. Hingga akhirnya tiba di tujuan utama. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa air terjun Sri Gethuk ini di tepi sungai oyo.

Tips

Jika Anda hendak menuju air terjun dan menggunakan cara kedua, disarankan datang saat pagi hari. Karena saat pagi hari, arus sungai masih tenang dan yang penting tidak terlalu panas.

Setiba di air terjun, jika Anda membawa baju ganti, Anda boleh mencoba bermain air. Jika sudah tiba dan tidak merasakan kesegaran air terjun sepertinya kurang plong, kurang maksimal, bukankah begitu? Tetapi jika tak membawa baju ganti jangan melakukan ini, nanti masuk angin.

Fasilitas

  • Warung makan sederhana
  • Sewa perahu (Yang untuk berangkat melewati sungai oyo menuju air terjun)

Untuk warung makan sederhana, dikelola oleh penduduk lokal daerah tersebut. Ada makanan khas tradisional Gunung Kidul juga, yang layak Anda coba, yakni tiwul dan gathot. Jangan sampai Anda melewatkan tempat yang kini menjadi primadona wisata di DIY ini. Apalagi jika Anda adalah seorang pecinta alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *